# database

Query, Join dan Union


Untuk lebih memperdalam pemahaman tentang SQL maka maka pertemuan ke -3 ini akan di pelajari tentang kelompok lain dalam perintah SQL yaitu DML (Data Manipulation Language) terutama perintah select dan varianya dalam bentuk query/subquery, Teknik dan union.

Query adalaha permintaan data yang sudah di modifikasi sedemikian rupa sehingga hanya menghasilkan data yang di ingginkan walaupun secara formal seluruh peritah SQL di sebut sebagai query tetapi dalam penggunaan query lebih indentik dengan segala bentuk variasi perintah SELECT

Join adalah proses menggabungkan data-data dari dua table atau lebih dengan cara merelasikan ,untuk mendapatkan gambaran keseluruhan data secara lebih baik

Macam – macam join antara lain:

Inner join di gunakan untuk menghasilkan baris data dengan menggabungkan 2 buah table atau lebih , menggunakan pasangan data yang masing-masing data, dengan inner join table akan di gabungkan 2 arah sehingga tidak ada yang NULL di satu sisi.

Left join Adalah Relasi Antar Table, biasanya Digunakan untuk menghasilkan baris data dari tabel kiri (nama tabel pertama/ Tabel Utama) yang tidak ada pasangan/Tidak Berelasi datanya pada tabel kanan (nama tabel kedua). 

Cross join adalah perwujudan dari bentuk produk kartesian terhadap dua table.

Natural Join adalah bentuk lain dari inner join yang menghilangkan data yang muncul lebih dari satu kali

Union adalah perintah untuk mengkombinasikan dua atau lebih query ,sehingga menghasilkan output yang lebih fleksibel, perwujudan lain dari perintah UNION adalah pengunaan operator OR dalam kondisi seleksi klausa WHERE ketika melakukan Query

 

 

 

  1. Mengunakan Query

Perintah dasar SQL yang mungkin paling sering di gunakan adalah perintah SELECT. Fungsi dari perintah ini adlaah untuk me-retrive infromasi dari satu tabel atau lebih. Untuk dapat menggunakan perintah SELECT anda harus menyediakan minimal 2 buah informasi, yaitu apa yang anda pilih, dan darimana anda ingin memilihnya.

Dibawah ini merupakan sintak dasar penggunaan SELECT Query:

1

SELECT [* | ALL | DISTINCT | kolom_1, kolom_2, ...]

2

FROM nama_table

3

WHERE where_clause

4

GROUP BY nama_kolom

5

ORDER BY nama_kolom [ASC | DESC]

6

OFFSET off_set

7

LIMIT limit

 

 

Penjelasan Sintak:

  • Keyword * atau ALL digunakan untuk menampilkan semua data
  • Keyword DISTINCT digunakan untuk menghilangkan atau mengeliminasi data yang duplikat/double.
  • Keyword WHERE digunakan sebagai untuk menampikan data sesuai kondisi yang diinginkan.
  • Keyword OFFSET digunakan untuk menampilkan data mulai dari record berapa?
  • Keyword LIMIT digunakan untuk menampilkan jumlah data yang akan ditampilkan.

 

  1. SUBQUERY


Subquery query bersarang (query dalam query). Tujuan penggunaan subquery adalah untuk menyatukan beberapa langkah yang harus dilakukan ketika harus memanipulasi data yang berasal dari lebih satu tabel.

 

Membuat sebuah join relative mudah. Yang harus dilakukan adalah menyebutkan semua tabel yang akan dipakai kemudian mendefinisikan hubungan antara tabel-tabel tersebut. Berikut adalah salah satu contoh implementasi join :

Contoh diatas adalah salah satu penerapan inner join. Selain dengan cara tersebut teknik join juga dapat dilakukan dengan memanfaatkan klausa INNER JOIN, seperti ada pada contoh di bawah ini :

Jenis join lainnya adalah Self-Join, seperti terlihat pada contoh di bawah ini :

Left Join :

Right Join :

Union :

 

Demikian pembahasan untuk postingan kali ini, semoga bermanfaat bagi kalian semua...


Penulis

Dotaidi

Latest update : 2019-02-21 10:47:17

© 2019 KopasKode Dotaidi | Made with ❤️ Hina & Rui .