Please enable JavaScript to view the comments powered by Disqus.
Home ยป Pengantar Database dengan Microsoft Access

Pengantar Database dengan Microsoft Access

31 Jul 2020


Untuk mendalamai pengetahuan praktis tentang database dan administrasinya , maka di perlukan pengetahuan lebih dahulu istilah-istilah yang di gunakan dalam dunia database, antara lain:

Database: adalah sekumpulan data/informasi yang di organisasikan dengan beberapa cara logik ,saling berhubungan untuk keperluan tertentu

Database Management System(DBMS), adalah Produk perangkat lunak yang digunakan untuk memanipulasi database. Contoh DBMS antara lain : Microsoft Access, FileMaker, Oracle, Microsoft SQL Server, MySQL, PostgreSQL, dan lain sebagainya.

Table, adalah ekuvalensi dari sebuah entitas dalam sebuah Entity Relationship Diagram(ERD) sebuah table terdiri dari sebuah kolom di sebut dengan field.

Record, adalah kumpulan field yang sangat lengkap, dan biasanya dihitung dalam satuan baris. Tabel adalah merupakan kumpulan dari beberapa record dan juga field. File adalah terdiri dari record-record yang menggambarkan dari satu kesatuan data yang sejenis.

Tipe Data, adalah jenis-jenis data yang tersimpan dalam sebuag field database .misalnya tipe data yang mendukung oleh Microsoft access antara lain text,memo, number  dll

Relationship, adalah hubungan yang terjadi anatara dua table atau lebih, atau yang meyakinkan yang saling berpasangan:

  • One to One (1:1) Setiap anggota entitas A hanya boleh berhubungan dengan satu anggota entitas B, begitu pula sebaliknya.
  • One to many (1:M / Many) Setiap anggota entitas A dapat berhubungan dengan lebih dari satu anggota entitas B tetapi tidak sebaliknya.
  • Many to Many(M:M) Setiap entitas A dapat berhubungan dengan banyak entitas himpunan entitas B dan demikian pula sebaliknya


Primary key, merupakan sebuah aturan dimana fungsinya adalah untuk membedakan anatara baris satu dengan baris lainnya yang ada pada tabel dan bersifat unik.Berikut adalah contoh primary key pada salah satu tabel.


Foreign Key, Dari namanya kita bisa mengira bahwa foreign (tamu) key, merupakan suatu atribut untuk melengkapi hubungan yang menunjukan ke induknya, itu artinya field pada tabel merupakan kunci tamu dari tabel lain. Dan biasanya penggunaan foreign key akan sangat dibutuhkan ketikan kita menemukan banyak tabel dan ingin menghubungkan satu tabel dengan tabel lainnya. Contohnya seperti pada gambar dibawah ini

 

Query, merupakan kata benda (noun) yang berarti pertanyaan. Dalam pengolahan database, query merupakan suatu istilah yang merujuk pada permintaan pengguna untuk memperoleh informasi dari database . contoh tampilkan daftar mahasiswa yang memprogram basis data


SHARE

Dotaidi

Lorem, ipsum dolor sit amet consectetur adipisicing elit. Quibusdam nulla recusandae maiores alias, natus facilis praesentium ipsa fugiat. Excepturi rem a odit, animi velit non cum exercitationem labore aperiam voluptates?

TUTORIAL LAINNYA


© Kopaskode 2020
Made with @rosyiid1440